WELCOME

WELCOME Into The Rizal's World

Senin, 23 Januari 2012

Ekonofisika

Ilmu Fisika mempunyai banyak teori (pemodelan) tetapi sedikit data. Sebaliknya Ilmu Ekonomi/sosial/politik mempunyai banyak data tetapi sedikit teori. Ada pemikiran kenapa kita tidak manfaatkan teori (pemodelan) fisika untuk ilmu-ilmu ekonomi, sosial dan politik.

Fischer Black, Myron Scholes dan Robert Merton menggunakan teori gerak acak benda untuk meramalkan harga OPTION (derivatif yang dapat dibeli/dijual dengan harga tertentu dimasa mendatang). Karena penemuannya itu mereka mendapat hadiah Nobel ekonomi. Beberapa riset ekonomi yang memanfaatkan fisika (kompleksitas) belakangan ini juga mendapat Nobel ekonomi.

Pemodelan fisika kini dipakai untuk memprediksi harga suku bunga bank, resiko,obligasi, valas, komoditas, saham ataupun derivatif. Fisikawan Bouchaud & Potter menjadi kaya raya dengan memanfaatkan pemodelan fisika dalam menjalankan Capital Fund Management (lembaga keuangan terbesar di Perancis). Quantum Fund dari George Soros juga banyak memanfaatkan jasa fisikawan dalam membesarkan perusahaannya. Jangan heran kalau sekarang banyak fisikawan mendapat tawaran bekerja di bursa-bursa saham dunia termasuk Wall Street New York!

Contoh peramalan fisika untuk saham (sdg taraf penyempurnaan untuk juga meramal resiko, valas, obligasi, komoditas, opsi, swap dsb):
http://www.yohanessurya.com/ekonofisika.php?id=97
(contact: metodegasing@gmail.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar